Galery Potensi Demak

Daftar 11 Tempat Wisata di Demak

1. Wisata Religi Masjid Agung Demak

Obyek wisata di demak yang pertama adalah masjid agung demak yang syarat akan nilai sejarah. Masjid agung demak merupakan masjid peninggalan wali songo dan juga sultan fatah. Usia masjid agung demak ini pun sudah sangat tua yaitu sekitar 500 tahun.

Tidak hanya mempunyai cerita sejarah tentang pendirinya, di lihat dari bentuk bangunanya pun ternyata mempunyai filosofi yang mempunyai arti begitu menarik. Yaitu, bnagunan masjid ini mempunyai 3 trap pada atap yang mempunyai arti islam, iman dan ihsan.

Masjid tersebut juga mempunyai 4 buah tiang penyangga yang di buat langsung oleh wali dan juga 8 tiang penyangga serambi masjid yang merupakan pemberian dari raja majapahit, raja majapahit tersebut merupakan ayah dari sultan fatahilah.

Dari desain masjid tersebut juga telah mejadi inspirasi bagi masjid-masjid lainya dan sekaligus menjadi ciri khas bangunan masjid yang ada di indoneisa.

Alamat Masjid agung Demak : Lokasi masjid agung sendiri berada di sebelah alun-alun simpang enam kabupaten demak.

2. Wisata Budaya Sekaligus Religi di Museum Masjid Agung Demak

Bagi anda wisatawan muslim, sesuai melaksanakan kewajiban sholat di masjid agung alangkah baiknya jika sekalian mengunjungi museum masjid agung yang berlokasi di sekitaran komplek masjid.

Museum tersebut berisi berbagai peninggalan sejarah di masa kewalian seperti pintu masjid yang pertama kali, bedhug, berbagai macam kitab islam yang di tulis lansgung oleh wali dan juga gentong yang terbuat dari campa. Selain itu juga terdapat miniatur masjid sejak awal di bangun 500 tahun silam hingga sekarang.

3. Berziarah Ke Makam Sunan Kalijogo Demak

setelah selesai berkunjung ke masjid agung demak dan museum, mungkin anda bisa melanjutkan berwisata religi dengan berziarah ke makam sunan kalijogo demak.

Sunan kalijogo merupakan seoarang wali yang menyebarkan islam di nusantara dengan cara pendekatan melalui seni dan budaya di indonesia. Mengingat pada jaman dahulu sangat kental sekali ikatan anatar budaya dan perilaku. Hal tersebut sangat lah bijak karena jika tidak dengan cara demikian maka masyarakat jaman dahulu akan dengan sigap untuk menolak ajaran beliau.

Alamat makam Sunan Kalijogo : makam sunan kalijogo ini berlokasi di kadilangu yang berjarak 4 kilometer dri masjid agung. atau jika anda kesulitan dalam menemukan lokasi makam tersebut bisa menggunakan google mpas di bawah ini

4. Wisata Alam Hutan Mangrove Morosari Sayung demak

Tempat wisata di demak jawa tengah selanjutnya adalah wisata alam hutan mangrove yang begitu indah dan menarik untuk di kunjungi. Jika anda berkunjung ke lokasi tersebut, anda akan di sambut dengan rimbunya hutan mangrove yang keren abis untuk di jadikan obje foto.

Di tempat ini anda juga bisa menikmati sunset sembari menimati asrinya berada di tengah-tengah hutan mangrove. kehadiran bangau putih yang merupakan salah satu hewan penghuni di kawasan tersebut menciptakan suasa yang sangat nyaman.

Alamat Hutan Mnagrove morosari sayung : untuk lokasi wisata ini berada di Desa Bedono, kecamatan Sayung, Demak Jawa tengah. Jika anda bingung dengan akses jalan menuju hutan mangrove mungkin bisa menggunakan maps berikut sebagai petunjuk jalan.[ klik disini ] untuk melihat maps.

5. Wisata Air Demak di Pantai Morosari Demak

Selain mempunyai wisata alam huatan mangrove yang sangat menarik, di kawasan wisata tersebut juga terdappat pantai yang bisa anda kunjungi. pantai ini masih terglong pantai yang sepi dan jarang di kunjungi.

pantai ini ramai hanya pada waktu tertentu saja , seperti pada waktu libur hari raya idul fitri. Karena pada saat itu di pantai morosari diadakan lomba perahu dayung dan ritual sedekah laut. Tradisi ini di sebut dengan sebutan syawalan, dan tidak sedikit orang menyebut loman.

Alamat pantai Morosari demak : untuk alamat pantai ini lokasinya sama dengan hutan mangrove morosari. Anda juga dapat mengunjungi obyek wisata pantai morosari demak melalui google maps berikut.

6. Sentra Kerajian Batik Kabupten Demak

Seperti halnya kota solo, Demak juga mmepunyai sentra kerajinan batik khas demak yang terisnpirasi dari khasanan kearifan budaya lokal. Banyak motif batik yang di produksi oleh para perajin di kabupaten demak ini. salah satunya adalah motif elemen masjid agung demak yang paling banyak di buat.

Anda juga dapat menyaksikan langsung proses pembuatan batik demak ini. Batik demak ini mungkin basa anda bawa seagai buah tangan atau oleh-oleh khas demak untuk keluarga atau kerabat anda.

Untuk menemukan dimana para perajin batik ini berada cukup mudah kok, para perajin banyak di temui di wilayah Karangmlati, Mangunjiwan Kec. Demak, Dan Desa Mlatiharjo Kec. Gajah Kabupaten Demak.

7. Melihat Sentra Kerajinan Kaligrafi di Kota Wali

Sesuai dengan julukanya sebagai kota wali, tidak heran jika di demak banyak di jumpai para pengrajin kaligrafi. Para pengrajin ini menjual hasil kerajianan mereka di kios-kios sekitar masjid agung demak, jadi anda tidak perlu bingung jika ingin membeli kaligrafi.

Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan kaligrafi yang bertuliskan tulisan arab ini di sekitar Tembiring Bintoro Demak. Kaligrafi demak di kenal dengan kaligrafi yang berkualitas dan indah.

8. Berkunjung ke Sentra Pengrajin Rebana Demak

Rebana merupakan alat musik yang di gunakan untuk mengiri solawat, alat musik ini identik dengan kebudayaan islam. Alat musik ini merupakan alat musik dari timur tengah yang sudah menjamur di kalangan umat muslim indonesia. Jika anda berkunjung ke tempat tersebut (Kadilangu dan betengan) anda akan di kenalkan macam-macam alat musik rebana tersebut. alat musik rebana produksi demak ini terkenal mempunyai kualitas yang bagus dan juga sering mendapat pesanan dari seluruh wilayah di Indonesia.

9. Argowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing di Demak

Seperti halnya bogor yang mempunyai argowisata yang indah, ternyata demak juga tak mau kalah. Demak mempunyai argowisata jambu merah dan belimbing yang sayang jika anda lewatkan ketika berkunjung ke kota wali ini. Buah Blimbing juga menjadi wisata kuliner khas demak yang sudah terkenal.

Alamat Argowisata Beliming dan buah delima demak : untuk lokasi argowisata sendiri berada di beberapa desa dianataranya yaitu Desa Betokan, Mranak, Wonosari, Sidomulyo, dan Tempuran.

10. Tradisi Grebek Besar di Kabupaten Demak

Jika anda berkunjung ke kota ini pada bulan dzulhijjah atau pada saat Bulan haji, maka anda akan menemui sebauh tradisi grebek besar yang di adakan di pusat kota demak. Tradisi tersebut puncaknya terjadi pada saat malam hari raya idul adha, di malam tersebut terdapat acar arak-arakan tumpeng songo yang start dari pendopo kabupaten demak menuju masjid agung. Setalah acara pengajian di masjid agung selesai di lanjutkan dengan makan bersama, yang di makan sendiri adalah tumpung yang di arak tadi.

Pagi harinya setelah Sholat idul adha dilaksanakan iring-iringan Penyerahan Minyak Jamas dari Pendopo Kabupaten menuju Kadilangu untuk digunakan menjamas pusaka peninggalan Sunan Kalijogo. Pada iring-iringan tersebut ditampilkan tradisi prajurit 40an yang juga menarik perhatian banyak pengunjung wisatawan.

11. Brown Canyon Demak

Siapa sangka ternyata di kabupaten demak juga mempunyai wisata alam yang mirip dengan Grand canyon di amerika. Lokasi ini dulunya merupakan area pertambang dan sekarang malah menjadi tempat wisata yang unik karena bekas galian tersebut membentuk bukit yang indah. Dengan bentuknya yang memikat tersebut lah banyak yang menyamakan dengan grand canyon di amerika.

Alamat Brown Canyon Demak : untuk lokasi wisata ini berada di Ds Kobanbatur, Kec Mranggen, Demak. tempat ini berada di perbatasan semarang demak, maka tidak heran jika ada yang menyebut lokasi ini berada di semarang.

Sumber: mytrip123.com