33

PENGUATAN KEBHINEKAAN DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI

Bertempat di Gedung 22Pertemuan Kecamatan Demak pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2017 pukul 09.00 – 12.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan Sarasehan FPBI (Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia) Kabupaten Demak dengan tema “Penguatan Kebhinekaan dalam Menjaga Keutuhan NKRI”. Kegiatan ini difasilitasi oleh Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak dimana FPBI merupakan salah satu Forum yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten sebagai tindak lanjut dari Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Pembanuran Kebnagsaan di Daerah.

Hadir sebagai narasumbeFPBIr kegiatan ini adalah Ketua FPBI Kabupaten Demak, Camat Demak serta Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak. Adapun peserta yang hadir sejumlah 100 orang terdiri dari jajaran Pengurus FPBI, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta perwakilan dari Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Demak.

Bupati Demak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak menyampaikan bahwa FPBI sebagai sarana pemersatu masyarakat keberadaannya diharapkan dapat menggugah kembali semangat pengamalan Pancasila yang sudah mulai luntur serta dapat mereaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat. Secara khusus Bupati juga berpesan agar FPBI dapat bersinergi dengan Pemerintah dan forum-forum terkait, yaitu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Demakdalam ikut serta mensosialisasikan program-program pemerintah demi terwujudnya Kabupaten Demak yang semakin maju, aman, damai, tenteram dan sejahtera.

Selanjutnya Bapak Yohanes Warsis, SH (Ketua FPBI Kabupaten Demak) sebagai narasumber pertama menyampaikan bahwa Republik Indonesia terbentuk karena adanya Rahmad Tuhan Yang Maha Esa. Sebelum terbentuk pada dasarnya nenek moyang kita sudah mempersiapkan konsep persatuan dan kesatuan di tengah keanekaragaman. Dalam posisi ini, Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia terpanggil untuk berperan secara nyata melalui upaya-upaya guna mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa, menjaga nilai-nilai pluralisme serta mendukung terciptanya peningkatan kualitas kerukunan antar etnis, agama, suku bangsa dan golongan.

Narasumber selanjutnya Bapak Fatkhurrohman, SH, MH (Camat Demak) memberikan materi dengan tema “Peran Camat dalam Mewujudkan Temu Cepat dan Lapor Cepat dalam rangka Deteksi Dini” mengatakan bahwa untuk dapat melakukan temu cepat setiap masyarakat diharapkan memiliki kepekaan terhadap lingkungan, memiliki naluri/insting yang baik dan membentuk jaring atau mitra kerja lingkungan. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa peningkatan fungsi kewaspadaan dini dapat diakselerasi dengan meningkatkan kemampuan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan secara tepat dan cepat,misalnya kewaspadaan di bidang ideologi, hal ini dapat dilakukan dengan fokus pada penguatan kembali nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat.

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak sebagai narasumber terakhir dengan tema “Wawasan Kebangsaan dalam Harmoni Perbedaan”, menyampaikan bahwa proses pembauran kebangsaan itu penting karena kehidupan kebangsaan itu telah kita tuangkan kedalam bentuk Negara Kebangsaan dengan berkonstitusi kebangsaan maupun ideologi kebangsaan, Pancasila sebagai ideologi kebangsaan kita adalah rumah dari Bhinneka Tunggal Ika kita.

Setelah pemaparan materi secara panel dari para narasumber, sesi selanjutnya adalah dialog dan tanya jawab yang dipandu oleh Bapak Anwar Masdari, SIP, MM (Kasi Perlindungan Masyarakat pada Kantor Kesbangpolinmas) selaku moderator. Sesi dialog dan tanya jawab ini berlangsung meriah dan peserta kegiatan aktif dalam sesi ini.

Pada akhir acara, moderator menutup acara dengan mengambil point kesimpulan bahwa setiap komponen bangsa harus menciptakan keharmonisan dan kerukunan sebab hubungan yang harmonis menjadi kunci penting untuk memperkuat kebhinekaan, keberhasilan pembangunan nasional dan tetap tegaknya NKRI. Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan ini, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta aparat desa dan kelurahan akan mensosialisasikan hasil kegiatan ini kepada masyarakat umum atau jajaran dibawahnya pada setiap kesempatan (nph&af).

 

Posted in berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>