1

OPTIMALKAN PENINGKATAN WASBANG DI KALANGAN MASYARAKAT, KESBANGPOLINMAS DEMAK GELAR KEGIATAN INDOOR DAN OUTDOOR

Kantor Kes2atuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (KESBANGPOLINMAS) Kabupaten Demak pada tanggal 27 April 2017 telah menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan bagi Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda yang tergabung dalam Ormas se Kabupaten Demak melalui kegiatan secara indoor dan outdoor. Selama ini kegiatan dengan tema-tema Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi di dalam ruangan (indoor). Sebagai salah satu upaya untuk terlaksananya kegiatan ini secara maksimal dan optimal, dipandang perlu adanya variasi kegiatan. Berangkat dari pemikiran inilah maka kegiatan Seminar, Talkshow, Diskusi, Wawasan Kebangsaan tahun ini dilaksanakan melalui indoor dan outdoor.

Dalam sambutannya, Wakil B3upati Demak Drs. Joko Sutanto menegaskan bahwa saat ini Kabupaten Demak terus mengejar banyak hal agar bisa sejajar dengan kabupaten/kota lainnya, semua ini dilakukan semata-mata demi masyarakat Demak tercinta. Termasuk dalam berbagai hal terkait dengan pembinaan rasa kebangsaan. Pemkab Demak secara rutin dan kontinyu menyelenggarakan acara-acara dengan tema-tema wawasan kebangsaan, bela negara, cinta tanah air dan juga menyelenggarakan kegiatan Safari Upacara di SMA sederajat se Kabupaten Demak. Dimana dalam kegiatan ini Forkopimda Kabupaten Demak sebagai Pembina / Inspektur Upacara.

Menurut Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kesbangpolinmas selaku Ketua Panitia Penyelenggara, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan berbentuk indoor dan outdoor adalah diantaranya adalah memupuk semangat kebersamaan, kerjasama, kekompakan, tanggung jawab, memahami perbedaan dan menghargai pendapat orang lain demi persatuan dan kesatuan.

Kegiatan yang di laksanakan di Green Valley Bandungan Kabupaten Semarang ini melibatkan 100 (seratus) orang peserta yang terdiri dari perwakilan Ormas-Ormas se Kabupaten Demak. Sejumlah 19 Ormas dilibatkan dalam kegiatan ini antara lain dari FKPAP, Pemuda BKGD, FKPPI, Banser, GP. Anshor, LP2OI, KPI, PMI, Badko TPQ, Pramuka, PPI, KPS, HMI, PMII, Pamade, LDII, KOKAM Muhammadiyah, LPLHSDM MUI dan Senkom.

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak Drs Taufik Rifa’i, M.Si menyampaikan bahwa tujuan bela negara yaitu mewujudkan WNI yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut guna meniadakan setiap ancaman baik dari dalam maupun dari luar yang membahayakan NKRI.

Sementara itu, Kapten Inf. NR Pasaribu (Pasi Ops Kodim 0716 Demak) dalam paparannya menyampaikan bahwa benteng pertahanan kita untuk menjaga NKRI adalah Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Oleh karenanya, semaksimal mungkin harus kita pedomani. Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur yang diyakini kebenarannya sehingga menjadi pola dan cita-cita hidup.

Selanjutnya setelah pengisian materi di dalam ruangan (inclass / indoor), dilanjutkan dengan kegiatan secara outdoor. Seluruh peserta kegiatan menuju ke lapangan yang telah disediakan oleh tim trainer dari Jelajah Outbond pimpinan Sdr. Phonang Wilasto, ST.

Adapun kegiatan outdoor yang dilaksanakan terdiri dari motivation training Wawasan Kebangsaan (peserta mendapatkan motivasi dan semangat untuk mencintai NKRI), magic hole (peserta saling bekerjasama dan membantu untuk tetap bersatu meski ada tantangan dan gangguan dari luar), water flow (peserta diminta saling menyusun strategi dalam rangka mencapai tujuan bersama, human bridge (peserta saling bahu membahu membantu mengevakuasi temannya ke tempat yang aman tanpa menyentuh wilayah terlarang), gegana (peserta saling bersatu dan berpadu memindahkan sesuatu dengan media yang tersedia, buldozer (peserta berjalan beriringan dengan media terpal melinkar seperti rantai buldozer), paintball (peserta bekerja secara tim untuk mempertahankan NKRI dari serangan musuh).

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB. Saatnya untuk pulang kembali ke Demak dengan membawa banyak pelajaran dan kenangan yang tidak terlupakan. Melalui penyelenggaraan kegiatan Peningkatan Wawasan Kebnagsaan bagi Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda se Kabupaten Demak secara indoor dan outdoor diharapkan akan semakin mengoptimalkan nilai kebangsaan masyarakat Demak. Akhirnya, dengan semua itu diharapkan dapat menguatkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika demi terwujudnya Terwujudnya Masyarakat Demak yang Agamis, Lebih Sejahtera, Mandiri, Maju, Kompetitif, Kondusif, Berkepribadian dan Demokratis.

Posted in berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>