Untitled

PENYULUHAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BAGI PELAJAR SMA/SEDERAJAT SE KABUPATEN DEMAK

 

PENYULUHAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BAGI PELAJAR SMA/SEDERAJAT SE KABUPATEN DEMAK

Untitled

Pelajar merupakan generasi terdidik harapan masa depan bangsa, miniatur bangsa Indonesia 20 – 30 tahun mendatang dan bertanggung jawab atas masa depan dirinya dan negaranya. Demi mewujudkan itu semua, dibutuhkan penguatan dari berbagai sektor untuk mengarahkan pelajar menuju Generasi Indonesia Emas 2045.

Perkembangan luar biasa terkait penyalahgunaan Narkoba di Indonesia sudah pada ambang mengkhawatirkan. Bahkan saat ini pelajar Sekolah Dasar (SD) pun telah menjadi target peredaran  gelap Narkoba. Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), penyalahgunaan Narkoba di Indonesia saat ini berjumlah  4 juta atau 2.18% prevalensi penyalahguna Narkotika usia populasi 10 – 59 tahun.

Melihatperkembangan situasi dan kondisi yang sudah sedemikian rupa, Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Demak selaku leading sector kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba melaksanakan kegiatan Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMA/sederajat di Kabupaten Demak.

Kegiatan Penyuluhan dilaksanakan oleh Tim P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) Kabupaten Demak.  Tim P4GN dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Demak Nomor 061/244/2011 tanggal 19 Juli 2011 tentang Pembentukan Tim P4GN Kabupaten Demak.

Tahun 2016 ini kegiatan penyuluhan dilaksanakan di 4 SMA/sederajat yaitu tanggal 25 Juli 2016 di SMK Al Hikmah Bakalrejo Kecamatan Guntur, tanggal 26 Juli 2016 di MA MAZDA Karanganyar Kecamatan Karanganyar, tanggal 27 Juli di SMA Takhassus Al Qur’an Serangan Kecamatan Bonang dan tanggal 28 Juli 2016 di SMK Al Fadhila Kerangkulon Kecamatan Wonosalam.

222

Narasumber yang hadir dalam kegiatan yang bertajuk “Penyuluhan PencegahanPenyalahgunaan Narkoba Bagi Pelajar” adalah Kepala Kantor Kesbangpolinmas, Kasat Binmas Polres, Kabid Pemuda dan Olahraga pada Dindikpora Kabupaten Demak, Kabid Pembinaan dan Pnegendalian Farmasi dan Perbekalan pada Dinas Kesehatan Kabupaten, Kasi Pendidikan Agama Islam pada Kemenag Kabupaten Demak dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak.

Adapun peserta pada masing-masing kegiatan sejumlah @ 100 siswa/i yang merupakan perwakilan dari Pengurus OSIS, ketua kelas serta perwakilan siswa/i dari maisng-maisng ekstra kurikuler yang ada di sekolah tersebut.

Pada kegiatan ini, masing-masing narasumber menyampaikan materi paparan sesuai dengan tupoksi masing-masing. Kantor Kesbangpolinmas menyampaikan materi dengan tema “Fungsi Pemerintah Kabupaten Penanggulangan dan Pencegahan Peredaran Narkoba di Kalangan Pelajar”, Dinas Pendidikan menyampaikan tema “Peran Generasi Muda dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba”, Dinas Kesehatan menyampaikan tema “Bahaya Narkoba dan Dampak Narkoba terhadap Kesehatan”. Narasumber dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak menyampaikan tema “Peran Serta Generasi Muda dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba”, Polres Demak menyampaikan tema “Aspek Hukum Penyalahgunaan Narkoba”. (nph)

Posted in berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>