July 12, 2020

Kantor Kesbangpolinmas KABUPATEN Demak

Kondusif idaman setiap warga

DIKLAT PERTAHANAN SIPIL NEGARA 2019

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Demak gelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara yang dilangsungkan di Kaliurang Yogja, kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh 100 peserta, 21-23 Juni 2019.

Maksud dan tujuan kegiatan Bela Negara ini adalah Mewujudkan generasi muda yang tangguh, berjiwa patriot yang dilandasi dengan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia serta menumbuh kembangkan cinta tanah air dan bangsa bagi Generasi muda dan Tokoh pemuda di Wilayah Kabupaten Demak.

Acara Diklat Pertahanan Sipil Negara ini dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Demak, Drs. Joko Sutanto dengan sambutan: “Generasi muda merupakan pewaris bangsa di masa depan, Sebagai generasi inspirasi harus menjadi orang yang mempunyai daya saing tinggi dan berkarakter, Terlebih dalam menghadapi revolusi industry ke empat atau revolusi industry four point zero, generasi penerus bangsa harus memiliki ketrampilan yang kreatif, komunikatif, kritis, dan kolaboratif, tantangan terbesar generasi milenial adalah bagaimana menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak, canggihnya teknologi membuat akses internet dengan mudah dan murah didapat, Budaya asing yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia harus kita sikapi, anak muda sekarang lebih sering membuka gadget daripada beribadah dan belajar. Sehingga muncul fenomena cinta dunia, saat ini masyarakat kita menganggap bahwa gadget merupakan segala-galanya. Bijaklah dalam memanfaatkan teknologi, gunakan gadget untuk hal yang bermanfaat, jauhi hoax yang tujuanya hanya mengadu domba, saring sebelum sharing, generasi muda adalah pelopor pembangunan, jadilah generasi muda yang tangguh sebagai pemimpin dimasa depan.”

Bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik Indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negara. Pendidikan bela negara dapat diperoleh melalui pendidikan formal maupun informal.

Pada pelatihan bela negara ini, para peserta adalah Generasi muda dan Tokoh pemuda di wilayah Kabupaten Demak yang diberi latihan praktek ketahanan fisik yang dilaksanakan oleh instruktur dari TNI, serta materi bela Negara dan wawasan kebangsaan.