Festival Gapura Cinta Negeri 2019

Tanpa kita sadari, begitu beragam kegiatan yang dimiliki masyarakat untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan tanpa kita sadari, ragam-ragam kegiatan tersebut telah menjadi bagian dari tradisi dan kebudayaan, salah satunya kegiatan menghias gapura.

Sehubungan dengan hal ini, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif berupaya untuk menyelenggarakan sebuah festival bagi Rakyat Indonesia, yakni Festival Gapura yang mengusung tema “Cinta Negeri.”

Festival ini akan diselenggarakan mulai tanggal 17Juli s.d. 17Agustus 2019. Dengan adanya festival ini, seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapat ikut serta dalam menghias gapura di permukimannya.

Hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 orang panitia kurasi, untuk selanjutnya para kurator akan menyeleksi 50 finalis gapura Kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi. Kemudian 60 finalis tersebut akan dinilai oleh Dewan Juri.

Informasi dan pendaftaran festival dapat diakses melalui website www.gapuracintanegeri.com.

Koordinasi Penilaian Duta Wisata Kabupaten Demak 2019

Pada hari selasa tanggal 16 Juli 2019, Dwi marfiana, S.Pd. MH dari Dinas Pariwisata berkoordinasi dengan Kepala Kantor Kesbangpolinmas Agus Herawan S.IP., MM. terkait penilaian Duta Wisata Kabupaten Demak 2019.

Seperti diketahui, sebagai pusat perkembangan agama Islam di Pulau Jawa, Demak termasyhur dengan wisata religinya. Namun lebih dari itu, potensi wisata pantai di kabupaten berpenduduk 1,2 juta jiwa ini pun cukup besar. Sehingga menjadikan angka kunjungan wisata Kabupaten Demak berada pada posisi kedua tertinggi di Jawa Tengah.

Maka dari itu Mas dan Mbak Demak, harus bisa mewakili sosok yang menggambarkan pribadi masyarakat Kota Wali. Yakni Demak yang berbudaya dan religius

Pembinaan Wawasan Kebangsaan Di Karanganyar Bagi Tokoh Pemuda Dan Generasi Muda.

Pada hari jum’at tanggal 12 juli 2019, Kantor Kesbangpolinmas mengadakan Kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan kepada genersai muda dan tokoh pemuda di Kecamatan Karanganyar, kegiatan ini diikuti 125 peserta dari berbagai unsur organisasi masyarakat di wilayah Kecamatan Karanganyar.

Maksut dan tujuan diadakanya pembinaan wawasan kebangsaan ini Untuk menumbuh kembangkan jiwa patriotisme bagi genrasi muda dan tokoh pemuda.

Koordinasi Pembinaan Wawasan Kebangsaan Di Karanganyar

Program Kerja Kantor Kesbangpolinmas Tentang Pembinaan Wawasan Kebangsaan Di Karanganyar Bagi Tokoh Pemuda Dan Generasi Muda.

Pada tanggal 11 juli 2019, Kantor Kesbangpolinmas mengadakan koordinasi terkait pelaksanaan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan kepada genersai muda tokoh pemuda di Kecamatan Karanganyar, yang diikuti 125 peserta dr berbagai unsur organisasi masyarakat di wilayah Kecamatan Karanganyar.

Maksut dan tujuan diadakanya pembinaan wawasan kebangsaan ini Untuk menumbuh kembangkan jiwa patriotisme bagi genrasi muda dan tokoh pemuda.

Hibah Ormas Kantor Kesbangpolinmas

 

Pada tahun 2019 ini Kantor Kesbangpolinmas Memberikan hibah pada organisasi masyarakat, dalam hal ini adalah DPC (dewan pimpinan cabang) pemuda pancasila Kabupaten Demak.

Pada tanggal 10 juuli 2019, Kantor Kesbangpolinmas Mengundang Pengurus DPC (dewan pimpinan cabang) Pemuda Pancasila Kabupaten Demak, untuk berkoordinasi tentang pencairan hibah tahun 2019 yang diberikan kepada pemuda pancasila sebesar Rp.100.000.000.

Hibah digunakan untuk kegiatan yang menunjang program Pemerintah Kabupaten Demak.

Festival Gapura Cinta Dalam Negeri 2019

Jakarta – Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Radiogram tentang pelaksanaan Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74. Radiogram tersebut ditujukan kepala Gubernur, Bupati/Walikota Se-Indonesia dengan nomor 080/5739/SJ.

“Festival digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 dan untuk menciptakan sebuah gerakan yang mengusung nilai cinta negeri,”kata Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.

Sebagaimana Radiogram tersebut, diberitahukan bahwa:

Pertama, Kemendagri, Setneg, dan BEKRAF akan menyelenggarakan Festival Gapura Cinta Negeri tingkat RW dengan periode pelaksanaan tanggal 8 Juli sampai dengan 17 Agustus 2019.

Kedua, kepala daerah diminta mensosialisasikan secara masif, menggerakan elemen masyarakat serta memfasilitasi pelaksanaan lomba melalui swadaya masyarakat di tingkat Rukun Warga (RW).

Ketiga, ketentuan mengenai Festival Gapura Cinta Negeri tercantum dalam Petunjuk Pelaksanaan dan Teknis Lomba Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019, informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.kemendagri.go.id, atau www.gapuracintanegeri.com

 

Berkas petunjuk teknis festival gapura cinta negeri

Dapat didownload dan dilihat dilink dibawah ini.

Download dokumen

 

Sumber :

  • https://www.kemendagri.go.id/blog/32086-Mendagri-Keluarkan-Radiogram-Festival-Gapura-Cinta-Negeri
  • Indopolitika.com

Rapat Staf Kesbangpolinmas Kabupaten Demak

Kantor Kesbangpol melaksanakan Rapat staf yang dipimpin oleh Kepala Kantor Agus Herawan, S.IP, MM, di ikuti para Kasi dan Staf di Ruang rapat staf Kesbangpol, Selasa, 15 Juli 2019.

Dalam rapat staf ini Kepala Kantor Kesbangpol  berkoordinasi dan mengingatkan para Kasi dan stafnya agar laporan atau dokumen perencanaan bisa terselesaikan, serta kegiatan-kegiatan lain yang harus segera dipersiapkan agar bisa terlaksana dengan baik sesuai rencana.

MAHASISWA UNDIP BERKONSULTASI DI KANTOR KESBANGPOLINMAS BERKAITAN DENGAN PENYUSUNAN SKRIPSI

Dua orang mahasiswa UNDIP ( Universitas Diponegoro ) berkonsultasi di Kantor Kesbangpolinmas pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019, berkaitan dengan permintaan data dalam rangka penyusunan skripsi.

Mahasiswa tersebut mengajukan permohonan rekomendasi dari Kantor Kesbangpol sebagai dasar ijin permintaan data di OPD yang menjadi obyek penelitian.

Kasubbag Tata Usaha Muslihin, SH., menyampaikan “bahwa ijin rekomendasi mulai th 2016 telah beralih ke Dinas PMPTSP, namun sesuai dengan Permendagri No. 3 tahun 2018 pasal 5 ayat (2) menyebutkan bahwa SKP (ijin rekomendasi) dikecualikan terhadap penelitian yang dilakukan dalam rangka tugas akhir pendidikan/sekolah dari tempat pendidikan/ sekolah didalam negeri; sehingga bagi mahasiswa bisa langsung ke OPD yang dituju untuk melakukan penelitian”.

Pembinaan dan Pengukuran Seragam Paskibraka Kabupaten Demak

30 peserta calon Paskibraka yang lolos seleksi, datang ke Kantor Kesbangpolinmas melaksanakan tahap selanjutnya yaitu pembinaan dan pengukuran seragam paskibraka yang bertempat di Kantor Kesbangpolinmas Demak, Hari Senin Tanggal 08 Juli 2019.

Kepala Kesbangpolinmas Agus Herawan, S.IP., MM berharap siswa yang ikut dalam seleksi Paskibraka bisa membawa nama baik bangsa dan negara. Melalui proses tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang pembinaan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai pencasila. “Selama di karantina, para siswa siswi itu diberikan wawasan kebangsaan serta nilai – nilai kebangsaan,” Ujarnya

Kegiatan ini merupakan persiapan dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2019.

Calon Peserta Paskibraka yang Lolos Seleksi Kabupaten Demak 2019

Berikut Nama – Nama Calon Peserta Paskibraka yang Lolos Seleksi Kabupaten Demak 2019 :

NO N A M A NAMA SEKOLAHAN
1 FATMA AULIA PUTRI SMAN 2 Demak
2 ISMA FATHUL ROHMAH SMAN 3 Demak
3 DEDHIS ARVIANTHO SMAN 1 Karanganyar
4 AZRIEL ARYA ADHINATA SMAN 1 Demak
5 ARISASKIA MAHARDIKA DEWI SMAN 1 Demak
6 GHISNA NAFIATUL MAULA SMAN 2 Demak
7 DIKI YOGA PRATAMA SMK Alkautsar Kebonagung
8 FANI ISTIQOMAH SMK Islam Da’watul Haq Bonang
9 ZUMIA FARIDA CIPTASARI SMAN 1 Dempet
10 LAILATUL TRI WAHYUNI SMAN 1 Karangtengah
11 MUHAMMAD SUBEKTI SMK Pontren Darussalam Demak
12 OKTA DWI ABRIYANTO DADI SMAN 3 Demak
13 WIJAYANTO BAGUS PUTRAWAN SMAN 2 Demak
14 ALFIN AMIRUL HUDA MAN Demak
15 FAJAR BUDI UTOMO SMKN 1 Demak
16 MUKMINATUR ROSIDAH SMAN 1 Guntur
17 GADING RASSYA ISMA BATUTA SMKN 1 Karangawen
18 DIMAS ADITYA PRATAMA SMAN 1 Demak
19 FAJAR ADJI WICAKSANA SMAN 1 Mranggen
20 MONIKA LIA AMANDA SMAN 1 Mijen
21 JONI MAHENDRA SETIAWAN MA Keterampilan Al Irsyad Gajah
22 TEGUH PURWANTO SMKN 2 Demak
23 FRENCY ROFIANDIKA SMAN 1 Demak
24 ZAENUL YAHYA MA Sholahuddin Wonosalam Demak
25 MOHAMMAD AFIF MAULANA SMAN 1 Mranggen
26 AZKA MARAYA PUTRA ARYA PRADHANA SMAN 1 Demak
27 KUMAIROH SMKN 1 Demak
28 SISWOKO SMK Pelayaran Demak
29 M. ZAENAL ARIFIN
30 ADI PRASETYO